Sejarah


Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Cilegon merupakan salah satu lembaga teknis daerah yang dibentuk berdasarkan  Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah hal ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Cilegon dalam upaya mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah pada Juni 2016.

Dengan diberlakukannya Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah terjadi perubahan paradigma yang diharapkan dapat mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik (good governance) dan memperbaiki kinerja sektor publik.

Dalam otonomi daerah, Pemerintah Daerah memiliki kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar. Fungsi sebelumnya lebih sebagai perpanjangan tangan atau pelaksana kebijakan Pemerintah Pusat, saat ini harus mampu mengatur, mengembangkan dan memajukan lingkungan daerahnya sendiri khususnya dalam pengelolaan sumberdaya aparatur.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan merupakan unsur pendukung Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan sebagai lembaga teknis daerah yang merupakan unsur pendukung Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah, yang mempunyai tugas pokok memimpin, merumuskan, dan mengkoordinasikan kegiatan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, melakukan pembinaan dan pengarahan kegiatan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan serta menyelenggarakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan agar terlaksana dengan baik, efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

19 Feb 2021 06:53 WIB - Admin