TUPOKSI 

1. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat

Tugas Pokok :  

Kepala BKD berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah, yang mempunyai tugas pokok memimpin, merumuskan, dan mengkoordinasikan kegiatan BKD, melakukan pembinaan dan pengarahan kegiatan BKD serta menyelenggarakan, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan BKD agar terlaksana dengan baik, efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis operasional dan administratif dibidang administrasi pegawai, pengembangan karier dan pembinaan pegawai serta pendidikan dan latihan di lingkungan pemerintah daerah;
  2. Penyelenggaraan, pengkoordinasian, dan pengendalian kegiatan operasional dan administratif di bidang BKD;
  3. Pengendalian fungsi-fungsi Sekretariat dan Bidang pada BKD;
  4. Pembinaan dan pengendalian tugas Unit Pelaksana Teknis di lingkungan BKD;
  5. Penyelenggaraan pembinaan aparatur di lingkungan pemerintah daerah;
  6. Penyelenggaraan pelaporan pertanggungjawaban (akuntabilitas) dan kinerja Badan Kepegawaian dan Diklat. 

2. Sekretariat

Tugas Pokok :  

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKD, yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengkoordinir penyusunan rencana program dan pengendalian anggaran Sekretariat, penyiapan koordinasi penyusunan kebijakan pembinaan kepegawaian, pengaturan pengelolaan ketatausahaan, rumah tangga, dan perlengkapan Badan Kepegawaian dan Diklat, dan pelaksanaan laporan akuntabilitas dan evaluasi kinerja Badan Kepegawaian dan Diklat agar terlaksana dengan baik, efektif dan  efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Penyelenggaraan program, kegiatan, dan pengendalian anggaran pada Sekretariat;
  2. Pengkoordinasian penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  3. Penghimpunan rencana kerja Badan Kepegawaian dan Diklat;
  4. Penyelenggaraan visi dan misi Badan Kepegawaian dan Diklat;
  5. Penyelenggaraan pengelolaan urusan administrasi umum, kepegawaian,dan keuangan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  6. Penyelenggaraan pengelolaan rumah tangga dan perlengkapan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  7. Pengkoordinasian dan pembinaan tugas-tugas Sub Bagian pada Sekretariat;
  8. Pengkoordinasian dan sinkronisasi tugas, program, dan kegiatan tiap-tiap Bidang pada Badan Kepegawaian dan Diklat;
  9. Penyusunan  laporan  pertanggung jawaban (akuntabilitas) dan kinerja Badan Kepegawaian dan Diklat;
  10. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Sekretariat. 

Sekretariat membawahkan : 

  1. Sub Bagian Program dan Evaluasi;
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  3. Sub Bagian Keuangan. 

a. Sub Bagian Program dan Evaluasi :

Tugas Pokok :

Sub Bagian Program dan Evaluasi dipimpin oleh seorang  Kepala Sub Bagian berkedudukan di bawah dan bertangggung jawab kepada Sekretaris, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bagian  Program dan Evaluasi, memberikan petunjuk dan membagi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan Sub Bagian Program dan Evaluasi sehingga berhasil dan berdaya guna, efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Penyusunan perencanaan Sub Bagian Program dan Evaluasi;
  2. Pelaksanaan penyusunan visi dan misi Badan Kepegawaian dan Diklat;
  3. Pelaksanaan penghimpunan rencana kerja Sekretariat dan Bidang;
  4. Pelaksanaan perencanaan, pengkoordinasian, dan evaluasi program kegiatan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  5. Pelaksanaan pengelolaan bahan referensi kegiatan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  6. Penyusunan rencana strategis Badan Kepegawaian dan Diklat;
  7. Pelaksanaan pengumpulan dan  pengolahan data laporan hasil kegiatan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  8. Penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja Badan Kepegawaian dan Diklat;
  9. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait tentang urusan program dan evaluasi;
  10. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Program dan Evaluasi. 

b. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :

Tugas Pokok :          

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian berkedudukan di bawah dan bertangggungjawab kepada Sekretaris, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan administrasi umum, kerumahtanggaan dan administrasi kepegawaian, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien, dan  sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Penyusunan perencanaan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Pelaksanaan pengelolaan administrasi umum dan tata usaha Badan Kepegawaian dan Diklat;
  3. Pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian Badan Kepegawaian dan Diklat;
  4. Pelaksanaan pengelolaan kerumahtanggaan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  5. Penyusunan rencana kebutuhan peralatan dan perlengkapan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  6. Pengadaan peralatan dan perlengkapan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  7. Pelaksanaan pendistribusian barang keperluan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  8. Pelaksanaan pemeliharaan dan pemanfaatan barang inventaris Badan Kepegawaian dan Diklat;
  9. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang urusan umum dan kepegawaian;
  10. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. 

c. Sub Bagian Keuangan

Tugas Pokok :         

Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan pengelolaan administrasi keuangan, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan Sub Bagian Keuangan sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Penyusunan perencanaan Sub Bagian Keuangan;
  2. Penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung Badan Kepegawaian dan Diklat;
  3. Pelaksanaan pengelolaan administrasi gaji pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat;
  4. Penyusunan surat pertanggungjawaban (SPJ) Badan Kepegawaian dan Diklat;
  5. Penyusunan alur kas keuangan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  6. Pelaksanaan administrasi keuangan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  7. Penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait tentang urusan keuangan;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Keuangan. 

3. Bidang Administrasi Kepegawaian

Tugas Pokok :  

Bidang Administrasi Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala BKD, yang mempunyai tugas pokok memimpin dan merencanakan penyusunan program dan pengendalian anggaran Bidang Administrasi Kepegawaian, mengkoordinir, menyelenggarakan, dan mengawasi serta mengevaluasi kegiatan Bidang Administrasi Kepegawaian, membagi tugas dan mengatur serta memberi petunjuk kegiatan Bidang Administrasi Kepegawaian kepada bawahan, dan memberikan laporan kepada pimpinan sehingga kegiatan di Bidang Administrasi Kepegawaian berjalan dengan baik, efektif dan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Penyelenggaraan program, kegiatan dan pengendalian anggaran pada Bidang Administrasi Kepegawaian;
  2. Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis Bidang Administrasi Kepegawaian;
  3. Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan tiap - tiap Sub Bidang pada Bidang Administrasi Kepegawaian;
  4. Pengkoordinasian penyusunan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS);
  5. Penyelenggaraan pengadaan CPNS;
  6. Pengkoordinasian penyiapan pertimbangan teknis mengenai kenaikan pangkat, perpindahan dan pemberhentian pegawai;
  7. Penyelenggaraan bimbingan dan petunjuk teknis mengenai kepangkatan, perpindahan, pemberhentian, penilaian angka kredit, data dan formasi pegawai;
  8. Penyelenggaraan pengelolaan administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, pemberhentian dan mutasi pegawai lainnya;
  9. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang administrasi kepegawaian;
  10. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Bidang Administrasi Kepegawaian. 

Bidang Administrasi Kepegawaian,  membawahkan :

  1. Sub Bagian Mutasi Pegawai;
  2. Sub Bagian Data dan Formasi Pegawai. 

a. Sub Bidang Mutasi Pegawai

Tugas Pokok :         

Sub Bidang Mutasi Pegawai dipimpinoleh seorang Kepala Sub Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bidang Mutasi Pegawai, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan dan membuat laporan kegiatan Sub Bidang Mutasi Pegawai sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Pelaksanaan penyusunan perencanaan Sub Bidang Mutasi Pegawai;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis Sub Bidang Mutasi Pegawai;
  3. Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data di Sub Bidang Mutasi Pegawai;
  4. Pelaksanaan pengelolaan usulan pengangkatan dalam pangkat;
  5. Penyusunan, pengelolaan, dan penyimpanan data administrasi pengangkatan dalam pangkat, pemberhentian dan perpindahan pegawai;
  6. Penerimaan dan penetapan penilaian angka kredit jabatan fungsional;
  7. Pembinaan dan pelaksanaan di bidang mutasi pegawai;
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait/pihak terkait di bidang mutasi pegawai;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Mutasi Pegawai. 

b. Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai

Tugas Pokok :         

Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan dan membuat laporan kegiatan Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Pelaksanaan penyusunan perencanaan Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai;
  3. Penyiapan bahan dan data kepegawaian;
  4. Penyiapan data masukan hasil mutasi kepegawaian;
  5. Pembuatan dan pemutakhiran data, dokumentasi dan formasi pegawai;
  6. Penyusunan rencana formasi pegawai;
  7. Pengadaan dan pengangkatan pegawai;
  8. Pelaksanaan penyusunan data kepegawaian;
  9. Pembinaan dan pelaksanaan di bidang data pegawai;
  10. Pembinaan dan pelaksanaan di bidang data pegawai;
  11. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang data pegawai;
  12. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Data dan FormasiPegawai. 

4. Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai

Tugas Pokok :

Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKD, yang mempunyai tugas pokok memimpin dan merencanakan penyusunan program dan pengendalian anggaran Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai, mengkoordinir, menyelenggarakan, dan mengawasi serta mengevaluasi kegiatan Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai, membagi tugas dan mengatur serta memberi petunjuk kegiatan Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai kepada bawahan, dan memberikan laporan kepada pimpinan sehingga kegiatan di Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai berjalan dengan baik, efektif dan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Penyelenggaraan program, kegiatan, dan pengendalian anggaran pada Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai;
  2. Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai;
  3. Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan tiap-tiap Sub Bidang pada Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai;
  4. Penyelenggaraan Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai;
  5. Pengendalian dan pengawasan di bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai;
  6. Pengkoordinasian penyusunan formasi jabatan struktural dan fungsional di lingkungan pemerintah daerah;
  7. Penyelenggaraan rekomendasi ijin belajar, keterangan tugas belajar,dan bantuan pendidikan lanjutan/ijin/tugas belajar di lingkungan pemerintah daerah;
  8. Penyelenggaraan urusan kesejahteraan pegawai di lingkungan pemerintah daerah;
  9. Pembinaan disiplin pegawai di lingkungan pemerintah daerah;
  10. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang pengembangan karier dan pembinaan pegawai;
  11. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai. 

Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai, membawahkan:

  1. Sub Bidang Pengembangan Karier Pegawai;
  2. Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai. 

a. Sub Bidang Pengembangan Karier Pegawai

Tugas Pokok :  

Sub Bidang Pengembangan Karir Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bidang Pengembangan Karir Pegawai, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan kegiatan Sub Bidang Pengembangan Karir Pegawai sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien dan sesuai  dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Pelaksanaan penyusunan perencanaan Sub Bidang Pengembangan Karir Pegawai;
  2. Pelaksanaan  kebijakan teknis  Sub  Bidang Pengembangan Karir Pegawai;
  3. Penyiapan bahan dan data kepegawaian dalam rangka pengembangan karier pegawai;
  4. Pengelolaan data dan bahan dalam rangka pengangkatan dalam jabatan;
  5. Penghimpunan dan analisa permasalahan pegawai yang berkaitan dengan jabatan;
  6. Pembinaan dan pelaksanaan di bidang pengembangan karier pegawai;
  7. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/terkait di bidang pengembangan karier pegawai;
  8. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bidang Pengembangan Karier Pegawai. 

b. Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai

Tugas Pokok :  

Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Pengembangan Karier dan Pembinaan Pegawai, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan kegiatan Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Fungsi : 

  1. Pelaksanaan penyusunan perencanaan Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai;
  3. Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data di Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai;
  4. Penyiapan bahan pelayanan penyelenggaraan di bidang pembinaan dan kesejahteraan pegawai;
  5. Pembinaan dan pelaksanaan di bidang pembinaan dan kesejahteraan pegawai;
  6. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang pembinaan dan kesejahteraan pegawai;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai. 

5. Bidang Pendidikan dan Pelatihan

Tugas Pokok :

Bidang Pendidikan dan Pelatihan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKD, yang mempunyai tugas pokok memimpin dan merencanakan penyusunan program dan pengendalian anggaran Bidang Pendidikan dan Pelatihan, mengkoordinir, menyelenggarakan, dan mengawasi serta mengevaluasi kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan, membagi tugas dan mengatur serta memberi petunjuk kegiatan Bidang Pendidikan dan Pelatihan kepada bawahan, dan memberikan laporan kepada pimpinan sehingga kegiatan di Bidang Pendidikan dan Pelatihan berjalan dengan baik, efektif dan efisien dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Fungsi :

  1. Penyelenggaraan program, kegiatan dan pengendalian anggaran pada Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  2. Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  3. Pengkoordinasian dan pembinaan kegiatan tiap-tiap Sub Bidang pada Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  4. Penyelenggaraan pengendalian dan pengawasan Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  5. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan prajabatan, struktural, fungsional dan teknis;
  6. Penyiapan sarana dan prasarana kediklatan;
  7. Penyelenggaraan seleksi peserta diklat baik struktural, fungsional maupun teknis;
  8. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang pendidikan dan pelatihan;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Bidang Pendidikan dan Pelatihan.

Bidang Pendidikan dan Pelatihan, membawahkan :

  1. Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural;
  2. Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis.

a. Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural

Tugas Pokok :  

Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural dipimpin oleh seorang Kepala  Sub Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan kegiatan Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan perencanaan Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural;
  2. Pelaksanaan perumusan kebijakan teknis Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural;
  3. Pelaksanaan penyiapan bahan administratif sarana dan prasarana diklat prajabatan dan struktural;
  4. Pelaksanaan inventarisasi data pegawai yang belum dan telah mengikuti diklat prajabatan dan struktural;
  5. Pelaksanaan pelayanan diklat prajabatan dan diklat struktural;
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi dengan lembaga/instansi penyelenggara diklat prajabatan dan struktural;
  7. Pembinaan dan pengawasan diklat prajabatan dan struktural;
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang diklat prajabatan dan struktural;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Sub Bidang Diklat Prajabatan dan Struktural.

b. Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis

Tugas Pokok :  

Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis  dipimpin oleh  seorang  Kepala  Sub Bidang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Diklat Fungsional dan Teknis, yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan mengontrol kegiatan Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis, memberi petunjuk dan memberi tugas serta membimbing bawahan, memeriksa dan mengoreksi hasil kerja bawahan, dan membuat laporan kegiatan Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis sehingga berhasil guna dan berdaya guna, efektif dan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan perencanaan Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis; 
  2. Pelaksanaan perumusan kebijakan teknis Sub Bidang Diklat Fungsional dan Teknis;
  3. Pelaksanaan inventarisasi data pegawai yang telah mengikuti diklat fungsional dan teknis;
  4. Pelaksanaan penyiapan sarana dan prasarana diklat fungsional dan teknis;
  5. Pelaksanaan diklat fungsional dan teknis;
  6. Pelaksanaan koordinasi dengan lembaga/instansi penyelenggara diklat fungsional dan teknis;
  7. Pembinaan dan pengawasan di bidang diklat fungsional dan teknis;
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/pihak terkait di bidang diklat fungsional dan teknis.